Rabu, 05 April 2017

MAPING JURNAL Factors Affecting Organizational Citizenship Behavior among Malaysian Bank Employees: The Moderating Role of Islamic Work Ethic

niarvillario17an@gmail.com
MAPING JURNAL


Judul Penelitian
Factors Affecting Organizational Citizenship Behavior among Malaysian Bank Employees: The Moderating Role of Islamic Work Ethic
Pengarang
1.   Jihad Mohammad
2.   Farzana Quoquab
3.   Rosmini Omar
Penerbit
University Teknologi MARA Sarawak
Tahun Terbit
2015
Tujuan Penelitian
Mengetahui hubungan dan pengaruh dari distributive justice (DJ), Islamic work ethic (IWE), procedural justice (PJ), terhadap organizational citizenship behavior (OCB).
Variabel Penelitian
1.      distributive justice (DJ),
2.      Islamic work ethic (IWE),
3.      procedural justice (PJ),
4.      organizational citizenship behavior (OCB)
Hipotesa Penelitian
-       H1: Distributive justice will be positively associated with OCB.
-       H2: Procedural justice will be positively associated with OCB.
-       H3: Islamic work ethic will moderate the relationship between DJ and OCB.
-       H4: Islamic work ethic will moderate the relationship between PJ and OCB.
Objek/Sample/Periode Penelitian
Para peneliti menghubungi departemen sumber daya manusia dari 16 bank syariah dan meminta izin mereka untuk survei karyawan mereka. Setelah menerima persetujuan dari manajemen puncak, 320 kuesioner didistribusikan ke organisasi-organisasi yang setuju untuk mengambil bagian dalam survei ini (delapan bank syariah). Sebagai imbalannya, 203 karyawan merespon dengan kuesioner, dan 192 ditemukan dapat digunakan untuk analisis.
Teknik Analisa
Hipotesis penelitian diuji berdasarkan persamaan struktural pemodelan menggunakan Least Squares (PLS).
Penelitian ini menggunakan teknik statistik ini untuk mencapai tujuan penelitian yaitu, untuk menguji memprediksi kemampuan keadilan organisasi secara keseluruhan dan untuk memaksimalkan varians dijelaskan dalam OCB dan PSY. Perangkat lunak Cerdas PLS M2 versi 2.0 (Ringle, Wende & Will 2005) digunakan untuk menganalisis data dengan ion applicat bootstrap prosedur untuk menentukan tingkat signifikan factor loading dan koefisien jalur. Anderson dan Gerbing’S (1988) dua prosedur tahapan (Inner dan Outer) untuk menilai model penelitian ini dan mengevaluasi model pengukuran diikuti dengan menguji model struktural.
Temuan Penelitian
Temuan penelitian ini tidak mendukung efek moderasi dari etika kerja Islam pada hubungan antara DJ dan OCB, dan antara PJ dan OCB. Dengan kata lain, tidak ada perbedaan yang signifikan antara karyawan yang kuat dan mereka yang lemah pada etos kerja Islam ketika menguji hubungan antara
DJ, PJ, dan OCB dalam konteks perbankan Islam. Ini berarti bahwa karyawan, terlepas dari apakah mereka kuat atau lemah pada IWE, melebihi tugas utama mereka dan melakukan OCB ketika mereka memandang organisasi mereka sudah adil terhadap mereka.
Keterbaharuan
Hubungan yang tidak konsisten antara keadilan distributif, keadilan prosedural dan perilaku kewarganegaraan organisasi meberikan inspirasi penelitian ini untuk memperkenalkan variabel moderator baru. Penelitian ini termasuk etos kerja Islam sebagai variabel ketiga yang memiliki potensi untuk menyelesaikan konflik dalam literatur yang ada. Penelitian ini menyarankan Kerja Islam Ethic (IWE) untuk mendamaikan kontradiksi ini.
Keterbatasan Penelitian
Sampel penelitian ini terbatas pada bank-bank organisasi Islam yang ada di Malaysia. Hal ini dapat membatasi generalisasi pada temuan penelitian ini.
Tidak disebutkannya periode penelitian yang telah dilakukan.
Saran untuk penelitian selanjutnya
Penelitian ini menggunakan metode cross sectional untuk mengumpulkan data dari responden. Hal ini dapat menimbulkan pertanyaan tentang arah kausalitas. Penelitian masa depan dapat memanfaatkan pendekatan longitudinal untuk mengatasi masalah ini.
Penelitian selanjutnya dapat mereplikasi penelitian ini dalam konteks penelitian yang berbeda dan di berbagai negara untuk meningkatkan kemampuan generalisasi dari temuan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar