Jumat, 06 Januari 2017

Biografi Tum Desem Waringin

BIOGRAFI PENULIS
Tung Desem Waringin lahir di Surakarta, 22 Desember 1968. Ia meraih gelar Sarjana Hukum dari Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta pada tahun 1992. Tung lebih dikenal sebagai seorang motivator ulung, pembicara terbaik, dan pelatih sukses, ia juga merupakan penulis buku best seller. Bahkan buku karyanya berjudul “Financial Revolution” mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia, MURI, sebagai buku inspirasional pertama dengan penjualan 10.511 buah pada hari pertama diluncurkan.

Ia semakin dikenal bukan saja di kawasan Asia tetapi juga ke penjuru dunia,  dengan aksi “bagi-bagi” uang dan tiket seminar senilai Rp 100 juta yang ia lakukan di Stadion Sepak Bola Baladika Kesatrian Serang. Aksi tersebut menimbulkan berbagai komentar. Ada yang memandang sebelah mata, tetapi juga banyak yang justru memuji ide tersebut.

Alasan utama Tung Desem Waringin melakukan aksi tersebut tidak lain sebagai media promosi bagi peluncuran bukunya kedua berjudul Marketing Revolution. Ide ini bisa disebut sebagai sebuah perumpamaan dalam strategi marketing.
Tung ingin menunjukkan bahwa banyak promosi yang sia-sia dalam pemasaran produknya. Menurutnya, daripada dana promosi tersebut digunakan untuk memasang iklan, baliho, dan
sebagainya yang tidak bisa diukur sejauh mana promosi itu dapat sampai, lebih baik uang tersebut dibagikan kepada masyarakat. 

Kuliah
Pada saat masih kuliah di UNS, Solo, ia menjadi penjual. Ia mengambil emas dari kakanya dan dari seorang pengusaha emas di Jakarta. Dengan keberanian dan bakat marketing, ia pun menjual emasnya hingga ke luar kota seperti Semarang, Pati, Tayu, Ambarawa dan Pekalongan.

Di kampusnya, ia termasuk mahasiswa yang berprestasi dan teladan. Kesibukannya sebagai penjual emas tidak menjadi penghalangnya, meskipun ia harus berpergian ke luar kota. Tahun 1992 ia lulus kuliah, dan ia diterima di BCA cabang Surabaya.
Karir
Tung dilahirkan dari keluarga sederhana, bahkan sejak kecil, ia telah mengalami berbagai macam kesulitan.
Bermula dari bisnis sang ayah yang mengalami kebangkrutan, Tung kecil dididik untuk selalu bisa survive dan membantu ayahnya agar tokonya ramai pembeli, namun keberuntungan belum berpihak pada keluarganya.
Usaha ayahnya tersebut belum juga dapat berjalan dengan mulus. Dari semenjak itulah Tung Desem mulai tertarik pada dunia marketing. Dia memiliki obsesi untuk dapat membantu ayahnya meraih sukses.

Karir Tung Desem dimulai di Bank Central Asia (BCA) sebagai Management Development Program pada tahun 1992.
Setelah melakukan training di Jakarta yang menjadikannya sebagai lulusan terbaik, ia dikirim ke BCA Cabang Surabaya untuk membenahi 22 cabang pembantu (capem) yang hasil audit operasionalnya terburuk se-Indonesia.
Hasilnya, dari target dua tahun, Tung Desem berhasil menyelesaikan masalah tersebut hanya dalam waktu empat bulan. Prestasi ini juga menjadikan Surabaya memperoleh hasil audit terbaik di seluruh Indonesia.

Tung Desem pun tertarik untuk berpindah profesi dari seorang pekerja kantoran menjadi seorang pembicara ,motivator terheboh, dan pelatih sukses.
“Hidup saya berubah setelah saya memutuskan berhenti bekerja di tahun 2001,” kata pemilik tubuh jangkung ini.
Tung yang hobi membaca dan selalu ingin belajar, memutuskan untuk mengikuti seminar motivator dunia favoritnya, Anthony Robbin.
“Saya jual apa yang saya punya agar saya bisa sampai ke sana. Waktu itu tiket seminarnya 10 ribu dolar AS, untuk seminar selama 8 hari. Saya akhirnya berangkat dan menghabiskan biaya Rp 158 juta,” katanya.

Tapi pengorbanannya tak sia-sia. Tung menjadi sosok motivator yang mumpuni. Ilmu yang diraihnya tidak hanya ditularkan kepada lebih dari 500 ribu audien peserta seminar, yang di antaranya juga telah menjadi miliarder-miliarder baru.
Tapi Tung juga mempraktikkan jurus-jurusnya untuk kesuksesan dirinya sendiri. Tahun 2010 lalu saja, omzet yang dihasilkan dari perusahaan-perusahaannya mencapai 48 juta dolar AS.
“Saya sekarang sudah memiliki 36 properti, mulai dari rumah, mal, kondotel, apartemen. Saya punya toko buku Toga Mas di beberapa kota. Saya juga bermain saham, berkebun pohon jati,
meluncurkan Edugame Boby Bola, buku-buku dan sebagainya. Saya mendapatkan semua itu hanya dalam jangka waktu 10 tahun. Saya bisa seperti ini, Anda pun bisa,” ujarnya. 

Kata-kata Tung Desem Waringin yang Inspiratif :
ü “Nasib baik adalah pertemuan antara persiapan dan kesempatan.”

ü  “Life will never be the same again.”

ü “Tidak ada kata gagal, yang ada hanya sukses atau belajar.”

ü “Setiap badai pasti berlalu dan saya akan tumbuh semakin kuat.”

ü “Saya mau mencurahkan waktu, uang, tenaga, pikiran, untuk terus belajar dan berjuan sampai saya mencapai impian saya.”

Di dalam dunia, banyak orang menyampaikan keinginan mereka untuk meningkatkan berbagai aspek dalam hidup mereka, tetapi mereka berhenti pada keinginanya saja dan hanya sedikit yang mau belajar dan bertindak mengambil langkah menuju impiannya. Anda adalah salah satu orang sedikit itu. Dengan membaca dan menjalankan apa yang dipaparkan dalam buku Financial Revolution karya Motivator Tung Desem Waringin berarti anda menunjukkan komitmen untuk meningkatkan kualitas hidup anda, tidak peduli seberapa bagus kehidupan anda sekarang ini.

Buku 
Financial Revolution adalah salah satu buku inspiratif, penuh semangat yang mengajari kita bagaimana berhasil mengelola keuangan, bagaimana membuat uang mengejar kita, bagaimana mempunyai peternakan uang, bagaimana cara orang kaya mengumpulkan uang ribuan kali lebih banyak diandingkan orang biasa dalam waktu yang sama, bagaimana memulai usaha dengan kemungkinan berhasil 98%, bagaimana aman secara finansial, bagaimana memulai usaha tanpa modal, bagaimana sebagai karyawan bisa naik gaji tiga kali lipat dalam setahun.
Buku Financial Revolution karya Pak TDW ini dibagi ke dalam dua bagian yakni
Bagian Pertama         : Kenapa Banyak Orang Tidak Kaya.
Bagian Kedua             : Semua Orang Bisa Menjadi Kaya.

Bagian Pertama
Pada bagian pertama Buku Financial Revolution ini mengupas dan mengulas kenyataan yang begitu pahit dan memperihatinkan bahwa banyak orang pada kenyataannya tidak kaya, hidup dengan kesulitan keuangan, dan karena itu banyak potensinya tidak berkembang. Pak Tung mengajak pembaca untuk mendalami alasan-alasan yang dipandang sebagai hambatan seseorang manjadi kaya. Dengan diketahui alasan yang jelas, maka dapat diketahui juga bagaimana mengatasinya. Mengawali sebuah pencerahan ini, Pak Tung mengajak kita semua untuk merefleksikan diri dan menganalisa diri tentang faktor-faktor yang sebenarnya menjadi hambatan mendasar dalam mencapai kesuksesan dan kebebasan finansial  (independent finacial).

Faktor-faktor mendasar itu antara lain keyakinan yang salah mengenai kekayaan dan saling bertabrakan antara positif dan negatif yang dianalogikan dengan Magnet yang memiliki 2 kutub positif dan negatif. Dalam penjelasannya Pak TDW, menegaskan kalau Keyakinan positif dan negatif bercampur jadi satu dalam diri kita mengakibatkan seseorang bingung akan melakukan atau tidak melakukan sesuatu hingga akhirnya netral seperti besi biasa. Jika Kaya itu Positif, dan Miskin adalah Negatif maka tidak ada pilihan diantaranya.

Faktor selanjutnya adalah tujuan tidak jelas dan menganggap tujuannya mustahil. Jika tujuan kita dalam hidup ini tidak ada kejelasan, bahkan meyakini kalau tujuan kita mustahil, maka kita tidak akan pernah kaya, karena kita akan merasa sia-sia jika melakukan langkah untuk mencapai impian kita.

Selain itu, faktor yang menjadikan kita tidak bisa kaya adalah keyakinan bahwa kita Tidak merasa harus, tidak punya strategi yang terbukti berhasil, tidak mengetahui jalur yang alamiah atau paling mudah untuk mencapai tujuan, tidak melakukan tindakan sesuai rencana, meletakkan tanggung jawab kepada orang lain yang ditandai dengan BEJ (Blame = menyalahkan orang lain, Excuse = beralasan, dan Justify = pembenaran sebagai upaya menutupi kelemahan dan kemalasan untuk berubah lebih baik dengan membenarkan keadaannya sebagai sesuatu yang sewajarnya), mudah menyerah, tidak mengelola hidup seperti bisnis yang harus untung, terpengaruh oleh optimisme dan pesismisme orang lain, dan tidak punya mentor yang baik.



Bagian Kedua
Dalam Bagian Kedua ini, Pak Tung mengemukakan cara bagaimana mengatasi situasi memilukan yang telah dipaparkan pada bagian pertama. Bagian ini memberikan harapan kepada kita semua bahwa semua orang bisa menjadi kaya. Dan untuk mewujudkan itu dipaparkan pada bagian kedua ini Pola Pikir, Pola Perasaan dan Pola Tindakan yang bisa ditempuh. Lebih detail lagi, bagian kedua ini dijelaskan pengalaman dan penjelasan sederhana bagaimana menjadi kaya dengan cepat dan aman yang dikupas tuntas pada setiap bab.
1.       Setidaknya, ada sepuluh cara yang harus dilakukan yaitu :
Memiliki keyakinan yang benar dan bulat untuk menjadi kaya. Pada bab ini dimulai dengan memformulasikan keyakinan, pentingnya keyakinan yang benar, menelusuri datangnya keyakinan serta pemahaman bahwa keyakinan yang tepat dapat meningkatkan keberuntungan yang disertai cara mempunyai keyakinan yang benar dan bulat.
2.     Menentukan tujuan yang jelas dan mantap dengan cara dirumuskan secara positif, spesifik dan tertulis;
3.     Yakin agar kita mampu mencapai tujuan kita melalui penyusunan ulang aturan dalam hati, mengetahui kenapanya dan dilakukan dengan Incantation (semacam ucapan sebagaimana seorang mengucapkan mantra)
4.    Merasa harus mencapai tujuan kita dengan cara mengetahui kerugian dan keuntungan, merasakan sengsara dan nikmat serta masuk akan dan tidaknya sebuah tujuan.
5.     Memiliki strategi-strategi yang terbukti membantu kita menjadi kaya dengan cepat dan aman.
6.    Mengetahui dan menggunakan jalur yang alamiah dan mudah bagi kita
7.     Membuat rencana yang reliastik
8.     Melakukan tindakan sesuai rencana;
9.    Melakukan monitoring dan peka;
10.Bertanggung jawab untuk terus belajar dan bertindak.
Sepuluh hal inilah yang menjadi jalan keluar untuk menjadi kaya dengan cepat dan aman. Tentunya dengan melalui jalan positif.
Buku Financial Revolution ini merupakan salah satu karya Dahsyat dari motivator Top Nasional Tung Desem Waringin. Beliau adalah Peak Perfomance  for Bussines and  Personal Coach, Pembicara Terbaik di Indonesia (Versi Majalah Marketing), Motivator Terheboh (versi Majalah marketing), Pelatih Sukses No. 1 di Indonesia (versi Majalah Marketing), The Most Powerful People & Ideas in Bussines in Indonesia (Versi Majalah SWA), Pengarang Buku Best Seller yang akan dan mungkin sudah anda baca berkali-kali "Financial Revolution & Sales dan Marketing Revolution.

Secara umum buku ini ditulis bukan berdasarkan opini, persepsi atau teori (yang lebih mengutamakan otak kiri dan cenderung logis), akan tetapi karya pak Tung ini didasarkan pada pengalaman beliau sendiri dan orang-orang yang sudah mengamalkan ilmu yang diajarkan beliau. dan yang paling penting disini adalah melakukan SQ3R (Survey, Question, Read, Remind, Read again)..lakukan Penelitian, Bertanya, Membaca, Ingat, baca lagi.... untuk memperoleh hasil yang maksimal. dan yang utama Pikiran dan Ucapan Positif, Tidak ada Kata Gagal, yang ada hanya Sukses dan Belajar.
Manfaat dan perubahan akan timbul ketika ada Tindakan.
So, Action Now.

Demikian ringkasan buku Financial Revolution semoga menginspirasi dan bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar