Rabu, 04 Januari 2017

Biografi Adam Khoo Yean Ann

Nama Lengkap : Adam Khoo
Alias                      : Adam Khoo Yean Ann
Profesi                   : Penulis
Tempat Lahir     : Singapura
Tanggal Lahir   : Senin, 8 April 1974
Zodiac                   : Aries
Istri                        Sally Khoo-Ong 
Anak                    Kelly Khoo Samantha KhooVince Khoo  
Ibu                        Betty L. Khoo-Kingsley


BIOGRAFI
Adam Khoo Yean Ann atau Adam Khoo adalah seorang pemotivasi, pengusaha dan penulis asal singapura. Pria kelahiran singapura tahun 1974 ini membuat banyak buku, salah satunya berjudul I am Gifted. Bukunya ini diterbitkan oleh Oxford University Press, ISBN. Ia merupakan seorang praktisi yang berhasil mengembangkan banyak usaha ,seperti usaha pada program perdagangan sebagai mitra pelatih untuk preview pendaftaran.  Khoo adalah alumni sekolah menengah Ping Yi angkatan 1987 dan lulus pada tahun 1990, kemudian melanjutkan sekolah menengah akhir di Victoria Junior College tahun 1991-1992. Setelah lulus dari Victoria Junior College, Khoo melanjutkan studi di National University of Singapore dan lulus pada tahun 1998.
PENDIDIKAN
·         Bachelor of Business Administration, 1998
·         Izin Praktisi Master dan Trainer di Neuro-Linguistic Programming, 1997
·         Ping Yi Sekolah Menengah, 1987-1990
·         Victoria Junior College, 1991-1992
·         National University of Singapore, 1995-1998
SOCIAL MEDIA
Facebook : Adam Khoo


9 LANGKAH BELAJAR SUKSES ALA ADAM KHOO
(BOOK: BUKU PINTAR ANAK JENIUS)

Buku ini memang bukan buku baru, namun masih sangat layak untuk dibaca terutama ketika motivasi belajar kita sedang turun. Jadi menurut penulis buku, yakni Adam Khoo, bedanya orang berprestasi dan yang tidak berprestasi yaitu terdapat pada langkah-langkah yang mereka ambil dalam belajar. Orang yang nilai ujiannya tinggi, biasanya melakukan langkah­langkah belajar yang lebih banyak dan sistematis. Beda dengan orang yang nilai ujiannya biasa-biasa saja, atau bahkan di bawah rata­rata, mereka biasanya hanya melakukan dua tahap saja yakni membaca buku dan melaksanakan ujian.
Dari situlah beliau merumuskan bahwa untuk mencapai kesuksesan
belajar yang maksimal setidaknya ada 9 langkah yang harus ditempuh. Yaitu :
1.       Tetapkan Tujuan yang Sangat Jelas karena tujuan itu penting. Dengan memiliki tujuan, kita akan berusaha membuat jalan untuk mencapai tujuan itu. Beda dengan orang yang tidak punya tujuan, langkah yang dia ambil bias sembarangan atau hanya ikut­ikutan orang lain. Tujuan juga memberikan kita kekuatan saat kita down.
2.     Merencanakan & Menjadwal
Perencanaan itu penting karena dengan perencanaan kita bisa menyiapkan strategi­strategi untuk mencapai tujuan yang sudah kita tetapkan di awal.

3.     Mengambil Tindakan yang Konsisten Perencanaan itu penting, namun perencanaan hanya akan menjadi sampah jika kita tidak mau melaksanakannya dengan konsisten. Ini sebenarnya masalah yang cukup serius artinya, ini bagian terpenting dalam mencapai kesuksesan belajar. Namun hal ini cukup sulit untuk dilakukan, karena untuk melakukan hal yang konsisten perlu kekuatan yang tidak kecil. Jika kita berusaha sendiri untuk menjadi konsisten dan berhasil melakukannya, berarti kita sudah melakukan sesuatu yang hebat!! Namun jika memang tidak bias sendiri, alangkah baiknya membuat komunitas yang sama­sama berkomitmen untuk melakukan usaha yang konsisten dalam belajar. Sudahkah kamu punya kelompok belajar?

4.    Daya Baca Informasi Membaca adalah salah satu cara untuk mendapatkan informasi, dan perlukan setiap saat. Buku adalah simbol ilmu pengetahuan

5.     Mind Mapping
Mind Papping adalah  cara mencatat informasi yang dapat menghemat waktu dan mengaktifkan kerja otak. Sayangnya, cara ini jarang digunakan oleh orang­orang, padahal jika dibiasakan hasilnya akan menjadi sangat dahsyat.

6.    Ingatan Super
Bicara tentang ingatan tentu tidak lepas dari komponen bernama otak. Sebenarnya, semua manusia punya kapasitas otak yang sama, artinya, semua orang punya potensi untuk memiliki ingatan super atau ingatan yang luar biasa. Lantas kenapa ingatan setiap orang berbeda­beda?

7.     Keajaiban Penerapan
Do! Lakukan semua langkah yang telah kita pelajari.  Namun tentu saja penulis ini berbagi motivasi dengan kita agar mau meraih kesuksesan dengan cara belajar.

8.     Persiapan Ujian Biasanya, dalam persiapan menjelang ujian ini banyak siswa/mahasiswa yang mulai panik setengah hidup. Mereka akan belajar selama beberapa hari dengan system ngebut. Materi yang seharusnya dipelajari selama enam bulan, dipadatkan menjadi seminggu, atau bahkan hanya sehari!  Nah, sebenarnya kapan sih persiapan ujian itu dimulai? Adam Khoo menyatakan bahwa persiapan ujian sebenarnya dimulai pada hari pertama kita masuk sekolah. Dengan begitu, ujian bukan lagi masalah yang akan bikin kita stress mendadak

9.    Menghadapi Ujian
Kenapa sih ukurannya ujian? Karena, bagaimanapun ujian adalah sebuah cara untuk mengetahui kualitas belajar seseorang (dengan catatan ujiannya dilakukan dengan benar). Jadi jika saat menghadapi ujian kita merasa mampu dan enjoy, artinya kita termasuk orang­orang yang punya kemampuan alias kompeten. Sebaliknya, jika ikut ujian saja kita merasa minder, apalagi langsung punya niat untuk mencontek saja, artinya kita sudah kalah dalam menghadapi tantangan tingkat sekolah/kampus. Jika di akademi saja kita gagal, bagaimana ya, kira­kira menghadapi tantangan di medan yang lebih luas?!!

Demikian ringkasan  buku ini, semoga menginspirasis dan bermanfaat.



2 komentar:

  1. Ka... Beli buku ini dimana?

    BalasHapus
  2. Tolong jawab ya ka... Soalnya aku pengen beli buku ini cuman gk tau skarang masih ada apa nggk ya?

    BalasHapus