Jumat, 10 Februari 2017

Tesis

Tesis

Tutorial Laporan Penelitian ~ Penulisan karya ilmiah merupakan salah satu ciri utama kegiatan di perguruan tinggi. Melalui penulisan tersebut gagasan, wacana dan hasil-hasil penelitian yang ada di perguruan tinggi dapat dikomunikasikan kepada masyarakat umum.

Tesis merupakan karya ilmiah berupa laporan penelitian yang ditulis oleh mahasiswa program S2 pada akhir studi. Karya ilmiah ini merupakan salah satu persyaratan untuk memperoleh gelar Magister dalam suatu program studi yang telah ditekuninya.

Dari segi isi, tesis dapat memuat hasil penelitian lapangan, hasil kajian pustaka atau hasil kerja pengembangan. Dalam rangka memenuhi visi dan misinya, umumnya tesis lebih menekankan pada penelitian lapangan dan penelitian pengembangan dengan 40% penelitian literatur dan 60% penelitian lapangan.
Tesis dapat dikatakan lebih berbobot dibandingkan dengan skripsi. Artinya, tesis memuat keterangan yang lebih luas dan argumen yang lebih kuat daripada skripsi. Dari segi mutu antara tesis dan skripsi dapat dibedakan secara konseptual, namun sulit untuk dikemukakan secara operasional.

Dari aspek permasalahan tesis diharapkan dapat menghasilkan sumbangan bagi pengembangan ilmu pengetahuan, meskipun sumbangan tersebut tidak harus penemuan baru. Permasalahan yang diangkat oleh tesis hendaknya didasarkan atas teori-teori yang berasal dari sejumlah hipotesis yang telah teruji atau tesis menghasilkan teori.

Dari aspek kajian pustaka, tesis tidak hanya diharapkan mengemukakan keterkaitan saja, tapi harus menyebutkan secara jelas persamaan dan perbedaan antara penelitian yang satu dengan penelitian yang sejenis. Oleh karena itu acuan pustaka yang dijadikan sumber dalam tesis diharapkan berasal dari sumber pertama.

Dari aspek metodologis, tesis dituntut untuk mengemukakan bukti-bukti yang dapat dijadikan pegangan untuk menyatakan bahwa instrumen pengumpulan data yang digunakan cukup valid. Karena itu, sebelum melakukan penelitian untuk penulisan tesis, mahasiswa diwajibkan untuk mengajukan proposal/usulan penelitian yang disampaikan kepada Direktur Program Pascasarjana.

Link situs lain: Pencarian Jurnal | Laporan Penelitian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar