Jumat, 10 Februari 2017

Tutorial Olah Data SPSS : Uji Korelasi Kendall Tau-b

Tutorial Olah Data SPSS : Uji Korelasi Kendall Tau-b

Tutorial Penelitian ~ Uji Korelasi Kendall Tau-b atau Kendall rank correlation coefficient atau Kendall's tau coefficient adalah uji hipotesis untuk mengetahui hubungan 2 variabel.

Pada dasarnya Uji Korelasi Kendall memiliki asumsi sama dengan Uji Spearman's rho yaitu menguji korelasi 2 variabel berdata ordinal atau salah satu variabel berdata ordinal dan lainnya nominal maupun rasio.

Terkait dengan karakteristik skala data ordinal tersebut maka uji korelasi Kendall termasuk statistik nonparametrik yaitu tidak mensyaratkan data harus berdistribusi normal.

Untuk mengetahui terdapat hubungan atau tidak dapat dilihat dari nilai signifikansi dan seberapa kuat hubungan tersebut dapat dilihat dari nilai koefisien korelasi atau r.

Kasus:
  • Adakah hubungan antara status anemia Ibu Hamil (Anemia) dengan Berat Badan Bayi Lahir Rendah (BBBLR)?
  • N = 10
  • Anemia menggunakan skala ordinal
    • 1 = Anemia
    • 0 = Tidak Anemia
  • BBBL menggunakan skala ordinal
    • 1 = BBBLR
    • 0 = Tidak BBBLR

INPUT DATA

Gambar 1
Input data ke spreadsheets Microsoft Excel kemudian copy dan paste ke spreadsheets Data View SPSS dilanjutkan dengan input parameter deskripsi ke spreadsheets Data Variable SPSS.
Gambar 1 (klik untuk perbesar) adalah penampakan spreadsheets Data View SPSS. Dengan demikian kita memliki 2 kolom variabel. Pada tahap ini input data sudah selesai. Lanjut langkah perintah uji.


LANGKAH-LANGKAH
  1. Klik Analyze - Correlate - Bivariat
  2. Pindahkan Anemia dan BBBLR ke Variables
  3. Pilih Kendall tau-b, Two-tailed dan Flag significant correlations
  4. Klik OK
Gambar 2
Gambar 2 (klik untuk perbesar) adalah menu pop-up pada saat Anda melakukan langkah ke-2, ke-3 dan ke-4 yaitu memilih variabel yang akan dianalisis dan kriterium.

Pada tahap ini uji Kendall Tau-b atau Kendall rank correlation coefficient atau Koefisien Kendall Tau sudah selesai dan kita sudah memiliki output. Langkah selanjutnya mengambil keputusan berdasarkan output.


PENGAMBILAN KEPUTUSAN
  • Jika Sig di atas 0,05 maka Ho diterima
  • Jika Sig di bawah 0,05 maka Ho ditolak
Gambar 3
Gambar 3 (klik untuk perbesar) adalah output hasil uji. Nilai Pearson's r sebesar 0,802 dengan Sig. (2-tailed) sebesar 0,016 atau lebih kecil dari 0,05 sehingga diputuskan Anemia dan BBBLR berhubungan nyata dan signifikan.

Sekian dulu tutorial olah data SPSS. Analisis-analisis yang lain dijelaskan dalam tutorial selanjutnya. Ikuti terus update tutorial olah data statistik SPSS. Selamat Meneliti!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar