Jumat, 10 Februari 2017

Tutorial Olah Data Statistik SPSS

Tutorial Olah Data Statistik SPSS

Tutorial Penelitian ~ Ilmu pengetahuan dibangun dari hasil penelitian dan pondasi penelitian adalah data. Di sinilah kedudukan analisis dan pengujian data sangat penting.

Analisis dan pengujian data statistik merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan dalam penelitian kuantitatif seperti uji hipotesis, uji validitas dan reliabilitas, uji kelayakan data dan sebagainya.

Ada banyak software olah data di pasaran yang sering digunakan seperti SPSS, AMOS, LISREL, SmartPLS dan lain-lain. Namun dari semua itu, SPSS paling umum digunakan para peneliti dan mahasiswa.

SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) dibuat SPSS Inc dan pertama kali dipasarkan tahun 1968 yang bertitel SPSS 1.0 dan selalu diperbaharui hingga versi SPSS 19.0. Pada tahun 2010 SPSS Inc dibeli IBM Corporation.


Pastikan Anda memiliki perangkat lunaknya! Dapatkan software original IBM SPSS Statistics Grad Pack Base 22.0 dengan lisensi 1 tahun untuk 2 komputer Windows atau Mac di link ini

Semenjak di bawah manajemen IBM Corporation nama software diubah menjadi IBM SPSS Statistics, meskipun banyak orang menyebutnya sebagai versi SPSS 20.0 atau kelanjutan dari SPSS 19.0.

Tutorial Olah Data Statistik SPSS Tu.LaporanPenelitian.com

SPSS bekerja pada sistem operasi Windows, zLinux, Linux/UNIX dan Mac. IBM SPSS Statistics terbaru memiliki tiga bundle yaitu Standard, Premium dan Professional yang masing-masing dijual terpisah.

Terlalu panjang tutorial SPSS dalam sekali postingan sehingga diagendakan menjadi berseri yang membahas tentang langkah-langkah pengolahan data menggunakan IBM SPSS Statistics.

Tutorial direncanakan dari dasar-dasar yaitu input data hingga analisis univariat, bivariat, multivariat dan uji asumsi-asumsi. Serial Tutorial Olah Data SPSS ini mungkin akan diselingi tutorial-tutorial dengan tema-tema yang lain.
Jadi sangat penting untuk terus mengikuti setiap update rutin di tutorial olah data mengenai seluk-beluk dan tips-tips melakukan olah data penelitian. Berikut daftar isi tutorial SPSS:

Input Data

Uji Kualitas Data

Uji Korelasi

Uji Beda

Saran Bacaan

Landau, Sabine and Everitt, Brian S. (2003). A Handbook of Statistical Analyses using SPSS. London: Chapman & Hall/CRC Press LLC.

IBM Corporation (2011). IBM SPSS Statistics 20 Brief Guide

Tidak ada komentar:

Posting Komentar