Minggu, 05 Februari 2017

contoh : UJI ONE WAY ANOVA

contoh Uji One Way Anova

Blog Panduan Pembuatan Skripsi Contoh Penelitian tentang Perbedaan Kecerdasan Emosi Berdasarkan Tingkat Pendidikan

Responden
Perbedaan Kercerdasan Emosi berdasarkan tingkat Pendidikan
S1
S2
S3
clip_image002
clip_image004
clip_image006
clip_image008
clip_image010
clip_image012
1
65
4225
90
8100
70
4900
2
72
5184
76
5776
80
6400
3
70
4900
79
6241
90
8100
4
65
4225
80
6400
86
7396
5
75
5625
74
5476
72
5184
6
80
6400
80
6400
94
8836
7
85
7225
75
5625
99
9801
8
74
5476
79
6241
70
4900
9
86
7396
76
5776
85
7225
10
90
8100
71
5041
95
9025
11
60
3600
65
4225
70
4900
12
62
3844
65
4225
75
5625
884
66200
910
69526
986
82292

Jumlah Skor Kelompok ∑X=clip_image002[4]
Jumlah Skor Kuadrat ∑X²=clip_image004[4]

1. Hipotesa
Ha: Ada Perbedaan Kecerdasan Emosi Berdasarkan Tingkat Pendidikan, S1, S2 dan S3.
Ho: Tidak ada Perbedaan Kecerdasan Emosi Berdasarkan Tingkat Pendidikan, S1, S2 dan S3

2. Perhitungan jumlah skor kuadrat secara keseluruhan dengan skor kelompok kuadrat dan dibagi dengan jumlah responden.
clip_image006[4]

3. Menghitung jumlah skor kuadrat setiap kelompok dan dibagi dengan jumlah (N) rsponden setiap kelompok
clip_image008[4]
clip_image010[4]65121.33+69008.33+81016.33-214677.77
= 468.22

4. Hasil penghitungan skor kuadrat dikurangi dengan skor kuadrat keseluruhan (hasil langkah 2) dikurang dengan skor kuadrat antara kelompok (hasil langkah 3)
clip_image012[4]

5. Menghitung nilai-F
Untuk melihat signifikansi perbedaan dalam analisis ANOVA, maka peneliti harus menggunakan uji F, apakah tedapat perbedaan mean pada setiap kelompok atau tidak
clip_image014
clip_image016
6. Menentukan df=(n1) (n2)
= (k-1),(N-1)
= (3-1), (36-3)
= 2/33

7. Berdasar analisis ditemukan nilai F hitung 2.69, sedangkan nilai F tabel (df=2/33), nilai F tabel dapat dilihat pada tabel dengan cara n1=2 (pembilang) dan N=33 (penyebut).

8. Keputusan Analisis
Berdasarkan hasil analisis uji ANOVA menunjukkan bahwa, nilai F hitung (2.69) lebih kecil dari F tabel (3.32). Hipotesa Nol diterima, berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan kecerdasan emosi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar