contoh Uji One Way Anova
Responden
|
Perbedaan Kercerdasan Emosi berdasarkan tingkat Pendidikan
| |||||
S1
|
S2
|
S3
| ||||
1
|
65
|
4225
|
90
|
8100
|
70
|
4900
|
2
|
72
|
5184
|
76
|
5776
|
80
|
6400
|
3
|
70
|
4900
|
79
|
6241
|
90
|
8100
|
4
|
65
|
4225
|
80
|
6400
|
86
|
7396
|
5
|
75
|
5625
|
74
|
5476
|
72
|
5184
|
6
|
80
|
6400
|
80
|
6400
|
94
|
8836
|
7
|
85
|
7225
|
75
|
5625
|
99
|
9801
|
8
|
74
|
5476
|
79
|
6241
|
70
|
4900
|
9
|
86
|
7396
|
76
|
5776
|
85
|
7225
|
10
|
90
|
8100
|
71
|
5041
|
95
|
9025
|
11
|
60
|
3600
|
65
|
4225
|
70
|
4900
|
12
|
62
|
3844
|
65
|
4225
|
75
|
5625
|
884
|
66200
|
910
|
69526
|
986
|
82292
|
Jumlah Skor Kelompok ∑X=
Jumlah Skor Kuadrat ∑X²=
1. Hipotesa
Ha: Ada Perbedaan Kecerdasan Emosi Berdasarkan Tingkat Pendidikan, S1, S2 dan S3.
Ho: Tidak ada Perbedaan Kecerdasan Emosi Berdasarkan Tingkat Pendidikan, S1, S2 dan S3
2. Perhitungan jumlah skor kuadrat secara keseluruhan dengan skor kelompok kuadrat dan dibagi dengan jumlah responden.
3. Menghitung jumlah skor kuadrat setiap kelompok dan dibagi dengan jumlah (N) rsponden setiap kelompok
65121.33+69008.33+81016.33-214677.77
= 468.22
4. Hasil penghitungan skor kuadrat dikurangi dengan skor kuadrat keseluruhan (hasil langkah 2) dikurang dengan skor kuadrat antara kelompok (hasil langkah 3)
5. Menghitung nilai-F
Untuk melihat signifikansi perbedaan dalam analisis ANOVA, maka peneliti harus menggunakan uji F, apakah tedapat perbedaan mean pada setiap kelompok atau tidak
6. Menentukan df=(n1) (n2)
= (k-1),(N-1)
= (3-1), (36-3)
= 2/33
7. Berdasar analisis ditemukan nilai F hitung 2.69, sedangkan nilai F tabel (df=2/33), nilai F tabel dapat dilihat pada tabel dengan cara n1=2 (pembilang) dan N=33 (penyebut).
8. Keputusan Analisis
Berdasarkan hasil analisis uji ANOVA menunjukkan bahwa, nilai F hitung (2.69) lebih kecil dari F tabel (3.32). Hipotesa Nol diterima, berarti tidak ada perbedaan yang signifikan antara tingkat pendidikan dengan kecerdasan emosi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar