Selasa, 04 Oktober 2016

Bagaimana anda menerapkan 4 model nilai-nilai efektivitas ketika anda dihadapkan pada suatu keadaan dimana organisasi anda adalah organisasi yang baru tumbuh dengan focus kepada pencaian pasar-pasar ceruk baru dengan penekanan utamanya kepada fleksibilitas dan inovasi.


Jelaskan  pendekatan-pendakatan untuk mengukur keefektifan suatu organisasi. Jelaskan pula kegunaan dari masing-masing pendekatan tersebut. Bagaimana anda menerapkan 4 model nilai-nilai efektivitas ketika anda dihadapkan pada suatu keadaan dimana organisasi anda adalah organisasi yang baru tumbuh dengan focus kepada pencaian pasar-pasar ceruk baru dengan penekanan utamanya kepada fleksibilitas dan inovasi.
4 model nilai-nilai efektivitas suatu organisasi yaitu :
1)    Pendekatan sumber daya system (sistems resource approach) dalam efektifitas organisasi berfokus pada sejauh mana organisasi dapat memperoleh seumber-sumber daya yang diperlukan. Suatu perusahaan yang dapat memperoleh bahan baku ketika terjadi kelangkaan adalah efektif menurut perspektif ini., pendekatan ini berfokus pada input.
2)  Pendekatan proses internal (internal process approach) berkaitan dengan mekanisme internal dari organisasi dan berfokus pada meminimalisir ketegangan, mengingrasikan individu dan organisasi, dan melaksanakan operasi secara lancer dan efisien, pendekatan ini berfokus pada proses transformasi.
3)   Pendekatan Tujuan (Goal approach) berfokus pada tingkat dimana suatu organisasi mencapai tujuannya, pendekatan ini berfokus pada output.
4)   Pendekatan Konstituensi strategis (Strategic Contituencies approach) berfokus pada kelompok yang memiliki kepentingan organisasi, menurut pandangan ini, efektifitas adalah sejauh mana organisasi berhasil memuaskan permintaan dan ekspektasi dari semua kelompok ini, pendekatan ini berfokus pada umpan balik.
Walau keempat model dasar dari efektifitas tidaktidak sepenuhnya bertentangan , oleh karena itu, bukannya mengadopsi suatu pendekatan tunggal, efektivitas organisasi paling baik dipahami dengan suatu perspektif yang terintegrasi, yang tetap berfokus pada input, transformasi, output dan umpan balik. Argument dasarnya adalah bahwa suatu organisasi harus memuaskan persyaratan yang diminta oleh masing-masing perspektif efektivitas.

Kuadran I : Model hubungan manusia – internal.

Fokus dan struktur fleksibel. Perhatian manajemen adalah pada pengembangan sumber daya manusia. Karyawan yang diberi kesempatan untuk otonomi dan pengembangan. Manajemen bekerja ke arah tujuan sub kohesi, semangat dan kesempatan pelatihan. Organisasi-organisasi yang menggunakan ini lebih peduli dengan karyawan dari lingkungan.

Kuadran II: 

Buka sistem Model – kombinasi fokus eksternal dan struktur fleksibel.
Manajemen tujuan adalah terutama akuisisi pertumbuhan dan sumber daya. Sub tujuan adalah fleksibilitas, kesiapan dan evaluasi positif oleh lingkungan eksternal. Nilai dominan adalah membangun hubungan yang baik dengan lingkungan eksternal untuk tumbuh dan mendapatkan sumber daya. Mirip dengan Model sumber daya sistem.

Kuadran III: 

Model proses Internal – mencerminkan nilai-nilai fokus internal dan kontrol struktural.
Mencari pengaturan organisasi stabil yang mempertahankan itu sendiri dalam cara yang teratur. Mapan dalam lingkungan dan hanya berharap untuk menjaga posisi mereka saat ini. Sub tujuan mencakup mekanisme komunikasi yang efisien, manajemen informasi dan pengambilan keputusan.
Kuadran IV: Rasional tujuan Model – manajemen mencerminkan nilai struktural kontrol dan fokus eksternal.
Tujuan utama adalah produktivitas, efisiensi dan keuntungan. Organisasi ingin mencapai tujuan output dengan cara yang terkendali. Sub tujuan mencakup berencana internal dan menetapkan tujuan, yang merupakan alat bantu manajemen yang rasional. Mirip dengan pendekatan tujuan.
Efektivitas nilai untuk dua organisasi
Organisasi • A
-adalah organizationconcern muda dengan menemukan ceruk dan menjadi didirikan dalam lingkungan eksternal.
-Primer penekanan diberikan untuk fleksibilitas, inovasi, perolehan sumber dana dari lingkungan.
-Penekanan moderat untuk hubungan manusia dan bahkan kurang penekanan untuk saat ini produktivitas dan keuntungan.
Empat model nilai-nilai efektivitas
Indikator
  1. Fokus internal mencerminkan perhatian manajemen untuk kesejahteraan dan efisiensi karyawan
  2. Fokus eksternal mewakili penekanan pada kesejahteraan organisasi itu dengan menghormati diri terhadap lingkungan.
  3. Stabilitas mencerminkan nilai manajemen untuk efisiensi dan top-down kendali
  4. Fleksibilitas mewakili nilai untuk perubahan, dan pembelajaran.
oleh karena itu, bukannya mengadopsi suatu pendekatan tunggal, efektivitas organisasi paling baik dipahami dengan suatu perspektif yang terintegrasi, yang tetap berfokus pada input, transformasi, output dan umpan balik. Argument dasarnya adalah bahwa suatu organisasi harus memuaskan persyaratan yang diminta oleh masing-masing perspektif efektivitas.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar