Senin, 03 Oktober 2016


What is a business, a Vision and Mission and The importance of vision and mission  for the management strategy?


Key work : Bisnis, Visi dan Misi  dan Strategi Manajemen

BISNIS, adalah Bisnis adalah keseluruhan dari aktivitas yang diorganisir oleh orang yang tidak berurusan di dalam bidang industri dan perniagaan yang menyediakan barang dan jasa agar terpenuhinya suatu kebutuhan dalam perbaikan kualitas hidup (Musselman).

BISNIS ialah keseluruhan yang lengkap pada berbagai bidang seperti industri dan penjualan, industri dasar dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan, transportasi, insuransi dan lain sebagainya; yang kemudian melayani dan memasuki dunia bisnis secara menyeluruh (Hooper )
BISNIS merupakan serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang (Peterson dan Plowman )

Bisnis pada dasarnya adalah adalah dunia kompetisi dibutuhkan mental dan strategi tepat, untuk dapat meraih sukses dan memenangkan hati konsumen baik berupa jasa dan barang.

Sedangkan untuk dalam sebuah pemerintahan lebih kepada bagaimana sebuah organisasi berhasil menjalankan organisasi dengan menggunakan anggaran yang efektif dan efisien dan berdampak positif pada masyarakat secara umum, untuk itu dibutuhkan kompentensi dan skill bagi para pegawainya.
VISI  (Fred R. David) adalah suatu cita-cita tentang keadaan di masa yang diinginkan di masa depan untuk terwujud oleh seluruh personel perusahaan, mulai dari jenjang yang paling atas sampai yang paling bawah.

Visi organisasi menggambarkan posisi penting atau peluang besar yang mungkin diraih dimasa depan (Tripomo & Udan, 2005).
Namun peluang tersebut hanya akan bisa diraih dengan bekerja keras, sungguh-sungguh dan konsisten dalam jangka panjang. Visi perusahaan dapat memusatkan, mengarahkan, memotivasi, menyatukan, dan bahkan memberi inspirasi suatu bisnis untuk mencapai kinerja superior. Pekerjaan dari penyusunan strategi adalah mengindentifikasi dan meramalkan visi dengan jelas (Keane, dalam David, 2006). Pernyataan visi yang jelas memberikan dasar untuk mengembangkan pernyataan misi yang komprehensif.

Example : Visi Balai Diklat BNN (tempat saya bekerja):

“Menjadikan Balai Pendidikan dan Pelatihan Yang mampu Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) BNN Yang Profesional, berkualitas, dan berintegritas”
Beberapa hal penting yang perlu diperhatikan tentang pernyataan visi, Visi menunjukkan arah strategis;

ü Visi lebih menunjukkan apa yang ingin dicapai, buka bagaimana cara mencapainya;
ü Seperti pernyataan ’tujuan jangka panjang’, visi bisa berupa hasil akhir (misalnya besar pendapatan dan keuntungan, besar pangsa pasar, dsb.), bisa juga berupa kemampuan (misalnya mampu memproduksi biodisel dengan oktan tinggi);
ü Visi dan goal berbeda dalam jangka waktu pencapaian. Goal adalah suatu langkah yang harus dicapai dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai visi yang diinginkan;
ü Visi merupakan representasi dari keyakinan mengenai bagaimanakah seharusnya bentuk organisasi perusahaan dimasa depan dalam pandangan pelanggan, karyawan, pemilik, dan stakeholder lainnya. Selain untuk memacu arah organisasi, pernyataan visi yang baik seringkali mampu membangkitkan semangat, karena anggota organisasi merasayakin bahwa organisasinya memiliki masa depan yang cerah.

MISI adalah penjabaran secara tertulis mengenai visi agar visi menjadi mudah dimengerti atau jelas bagi seluruh staf perusahaan.

Pernyataan Misi adalah penyataan tujuan jangka panjang yang membedakan satu perusahaan dengan perusahaan sejenis lain. Pernyataan Misi mengidentifikasi cakupan operasi perusahaan dalam difinisi produk dan pasar menjawab pertanyaan ‘apa bisnis kita?’, menggambarkan nilai dan prioritas suatu organisasi, sifat dan cakupan operasi saat ini & evaluasi potensi pasar dan aktivitas masa depan, menggambarkan arah dan masa depan organisasi. Pernyataan Misi menjawab pertanyaan yang mengandung alasan kenapa perusahaan ini ada (Wall et al., 1999):

Siapa kita, Apa yang kita lakukan, Untuk siapa kita melakukan, Mengapa kita melakukan…?
Fungsi pernyataan Misi:
1. Menetapkan sasaran perusahaan/organisasi
2. Mengkoordinasikan tindakan usaha.
3. Menyatakan sasaran perusahaan/organisasi
4. Menciptakan masa depan bagi perusahaan/organisasi

Pernyataan misi haruslah:
1. Mengesankan
2. Memaksa
3. dipusatkan pada pelanggan
4. mudah dihafalkan

Example : Misi Balai Diklat BNN

“Menyelenggarakan Pendidikan dan Pelatihan di Bidang Teknis P$GN, Struktural dan Fungsional dalam rangka pemenuhan SDM BNN yang professional, berkualitas dan berintegritas “.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar