What is a business,
a Vision and Mission and The importance of vision and mission for the management strategy?
Key work : Bisnis,
Visi dan Misi dan Strategi Manajemen
BISNIS, adalah
Bisnis adalah keseluruhan dari aktivitas yang diorganisir oleh orang yang tidak
berurusan di dalam bidang industri dan perniagaan yang menyediakan barang dan
jasa agar terpenuhinya suatu kebutuhan dalam perbaikan kualitas hidup
(Musselman).
BISNIS ialah
keseluruhan yang lengkap pada berbagai bidang seperti industri dan penjualan,
industri dasar dan industri manufaktur dan jaringan, distribusi, perbankkan,
transportasi, insuransi dan lain sebagainya; yang kemudian melayani dan
memasuki dunia bisnis secara menyeluruh (Hooper )
BISNIS merupakan
serangkaian kegiatan yang berhubungan dengan pembelian ataupun penjualan barang
dan jasa yang dilakukan secara berulang-ulang (Peterson dan Plowman )
Bisnis pada
dasarnya adalah adalah dunia kompetisi dibutuhkan mental dan strategi tepat,
untuk dapat meraih sukses dan memenangkan hati konsumen baik berupa jasa dan
barang.
Sedangkan untuk
dalam sebuah pemerintahan lebih kepada bagaimana sebuah organisasi berhasil
menjalankan organisasi dengan menggunakan anggaran yang efektif dan efisien dan
berdampak positif pada masyarakat secara umum, untuk itu dibutuhkan kompentensi
dan skill bagi para pegawainya.
VISI (Fred R. David) adalah suatu cita-cita
tentang keadaan di masa yang diinginkan di masa depan untuk terwujud oleh
seluruh personel perusahaan, mulai dari jenjang yang paling atas sampai yang
paling bawah.
Visi organisasi
menggambarkan posisi penting atau peluang besar yang mungkin diraih dimasa
depan (Tripomo & Udan, 2005).
Namun peluang
tersebut hanya akan bisa diraih dengan bekerja keras, sungguh-sungguh dan
konsisten dalam jangka panjang. Visi perusahaan dapat memusatkan, mengarahkan,
memotivasi, menyatukan, dan bahkan memberi inspirasi suatu bisnis untuk
mencapai kinerja superior. Pekerjaan dari penyusunan strategi adalah
mengindentifikasi dan meramalkan visi dengan jelas (Keane, dalam David, 2006).
Pernyataan visi yang jelas memberikan dasar untuk mengembangkan pernyataan misi
yang komprehensif.
Example : Visi
Balai Diklat BNN (tempat saya bekerja):
“Menjadikan Balai
Pendidikan dan Pelatihan Yang mampu Menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) BNN
Yang Profesional, berkualitas, dan berintegritas”
Beberapa hal
penting yang perlu diperhatikan tentang pernyataan visi, Visi menunjukkan arah
strategis;
ü Visi lebih
menunjukkan apa yang ingin dicapai, buka bagaimana cara mencapainya;
ü Seperti
pernyataan ’tujuan jangka panjang’, visi bisa berupa hasil akhir (misalnya
besar pendapatan dan keuntungan, besar pangsa pasar, dsb.), bisa juga berupa
kemampuan (misalnya mampu memproduksi biodisel dengan oktan tinggi);
ü Visi dan goal
berbeda dalam jangka waktu pencapaian. Goal adalah suatu langkah yang harus
dicapai dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai visi yang diinginkan;
ü Visi merupakan
representasi dari keyakinan mengenai bagaimanakah seharusnya bentuk organisasi
perusahaan dimasa depan dalam pandangan pelanggan, karyawan, pemilik, dan
stakeholder lainnya. Selain untuk memacu arah organisasi, pernyataan visi yang
baik seringkali mampu membangkitkan semangat, karena anggota organisasi
merasayakin bahwa organisasinya memiliki masa depan yang cerah.
MISI adalah
penjabaran secara tertulis mengenai visi agar visi menjadi mudah dimengerti
atau jelas bagi seluruh staf perusahaan.
Pernyataan Misi
adalah penyataan tujuan jangka panjang yang membedakan satu perusahaan dengan
perusahaan sejenis lain. Pernyataan Misi mengidentifikasi cakupan operasi
perusahaan dalam difinisi produk dan pasar menjawab pertanyaan ‘apa bisnis
kita?’, menggambarkan nilai dan prioritas suatu organisasi, sifat dan cakupan
operasi saat ini & evaluasi potensi pasar dan aktivitas masa depan,
menggambarkan arah dan masa depan organisasi. Pernyataan Misi menjawab
pertanyaan yang mengandung alasan kenapa perusahaan ini ada (Wall et al.,
1999):
Siapa kita, Apa
yang kita lakukan, Untuk siapa kita melakukan, Mengapa kita melakukan…?
Fungsi pernyataan
Misi:
1. Menetapkan
sasaran perusahaan/organisasi
2. Mengkoordinasikan
tindakan usaha.
3. Menyatakan
sasaran perusahaan/organisasi
4. Menciptakan masa
depan bagi perusahaan/organisasi
Pernyataan misi
haruslah:
1. Mengesankan
2. Memaksa
3. dipusatkan pada
pelanggan
4. mudah dihafalkan
Example : Misi
Balai Diklat BNN
“Menyelenggarakan
Pendidikan dan Pelatihan di Bidang Teknis P$GN, Struktural dan Fungsional dalam
rangka pemenuhan SDM BNN yang professional, berkualitas dan berintegritas “.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar