Agenda bedah Jurnal Internasional untuk memenuhi tugas Mata Kuliah MANAGING TRAINING AND DEVELOPMENT
THE INTERNATIONAL JOURNAL OF
BUSINESS & MANAGEMENT
A Case Study Approach for Evaluation of
Employee Training Effectiveness and
Development Program
Neeraj S. Borate
PG Research Scholar, Manipal Institute of
Technology, Karnataka, India
Dr. Gopalkrishna
Professor, Humanities & Management,
Manipal Institute of Technology, Karnataka, India
Dr. Shiva Prasad H. C.
Professor, Humanities & Management,
Manipal Institute of Technology, Karnataka, India
Sanjay L. Borate
Quality Head, Cummins India Ltd. (PMUC)
Pelatihan
karyawan dan pengembangan menciptakan dampak positif pada fungsi dasar dari
sebuah organisasi untuk mengembangkan sumber daya manusia dan bersaing dalam
dunia bisnis yang cepat berubah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi
efektivitas pelatihan karyawan program di MNC. Memanfaatkan Kirkpatrick empat
tingkat model evaluasi, studi ini terutama memeriksa tanggapan dari para
karyawan untuk program pelatihan, tingkat karyawan belajar, perilaku karyawan
di tempat kerja efek pelatihan pekerja keadaan pikiran yang sikap karyawan.
Penelitian
dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas program pelatihan di Departemen
kualitas di perusahaan multinasional. Pendekatan studi kasus ini mengeksplorasi
efektivitas program pelatihan organisasi dengan menggunakan Kirkpatrick model.
Metodologi penelitian yang digunakan studi pada metode pengumpulan data survei.
Data survei kuesioner berdasarkan Kirkpatrick model. Penelitian ini meliputi
Semua karyawan Departemen kualitas sebagai contoh untuk studi ini.
Analisis data
dilaksanakan memanfaatkan softwere SPSS 20 dan keandalan kuesioner diuji
menggunakan (alpha Cronbach's) uji dan ditemukan lebih (Alpha = 0.7).
Berpasangan sampel uji T disutradarai dan telah ditemukan bahwa karyawan
menemukan program pelatihan lebih efektif. Studi ini dianalisis secara
eksperimental empat tahap untuk mengukur efektivitas pelatihan dengan bantuan
kuesioner. Hasil hipotesis menentukan empat tingkat memiliki dampak signifikan
pada program pelatihan.
Kata kunci: efektivitas, pelatihan, evaluasi
1.
PENDAHULUAN
Efektivitas
pelatihan terdiri dari dua istilah dasar yang melatih dan efektivitas pada para
peserta. Efektivitas ini dapat menjadi ukuran evaluasi pelatihan. Jadi secara
umum Efektifitas pengukuran memiliki dua faktor utama yang terkait dengan itu
dan mereka program pelatihan dan evaluasi pelatihan.
1.1.
pelatihan
Pelatihan
dapat didefinisikan sebagai akuisisi sistematis keterampilan, aturan, konsep
dan sikap yang seharusnya mengakibatkan peningkatan kinerja trainee (Aamodt,
2007; Goldstein dan Ford, 2002). Pelatihan sangat penting untuk berbagai alasan
untuk setiap karyawan organisasi untuk proses baru dilaksanakan atau jika
karyawan baru untuk proses tertentu. Karyawan yang dipilih untuk pekerjaan
tertentu sering perlu untuk mendapatkan sesuai pengetahuan dan keterampilan
tentang pekerjaan harus dilakukan. Selalu membantu seorang karyawan untuk
mengetahui tentang proses organisasi, kerja konten, kepentingan dan kesadaran
tentang pekerjaan menetapkan. Dan mereka sukai terhadap pekerjaan membantu
organisasi untuk tumbuh. Serta, ketika perubahan pekerjaan, pelatihan membantu
karyawan untuk beradaptasi dengan lingkungan baru. Pelatihan selalu diperlukan
untuk memahami, tumbuh dan mendapatkan kesuksesan dalam peran pekerjaan baru di
industri. Juga selalu ada ruang lingkup untuk saat ini lama karyawan untuk
menjalani proses pelatihan untuk meningkatkan dan berhasil dalam peran
pekerjaan yang berbeda untuk mengembangkan karir sebagai seorang individu.
Oleh karena
itu, pelatihan mungkin menemukan menguntungkan tidak hanya untuk rekan-rekan
tetapi juga untuk organisasi di mana mereka bekerja. Pelatihan hasil dalam
pertumbuhan bersama karyawan dan organisasi.
1.2.
evaluasi
Evaluasi
dapat didefinisikan sebagai cara yang sistematis dalam penilaian yang akhirnya
memberikan informasi yang diperlukan yang diperlukan untuk perbaikan
terus-menerus dan pertumbuhan. Meskipun, dalam saat ini skenario profesional
tidak lebih peduli tentang mengetahui bagaimana banyak karyawan baru telah
menjalani pelatihan, dan berapa banyak mereka menyukainya dan apa yang telah
mereka pelajari melalui pelatihan. Tetapi dalamnomor lebih mereka benar-benar
tertarik untuk mengetahui bahwa apakah karyawan menerapkan apa yang telah
mereka pelajari selama pelatihan, dan sangat penting di berapa persen yang
telah membantu peningkatan hasil kelembagaan. Evaluasi melibatkan berbagai
jenis analisa dan juga penting model dan metodologi yang biasanya diterapkan
untuk dampak pada kinerja. Biasanya menyatakan definisi evaluasi adalah:
"evaluasi adalah penilaian sistematis nilai atau kelebihan dari beberapa
objek atau tujuan"(Willams, 1976)
1.3.
Pelatihan Peniliaian
Istilah
Pelatihan Peniliaian digambarkan sebagai sebuah antologi sistematis dari
deskriptif serta menghakimi informasi yang diperlukan untuk mengambil keputusan
pelatihan yang efektif yang berhubungan dengan pilihan, adopsi, nilai dan
modifikasi dari berbagai aktivitas instruksional terlibat dalam pelatihan
(Werner & De-Simone, 2006). Definisi ini menyebutkan tidak hanya deskriptif
tetapi juga dikombinasikan tersedia informasi. Pelatihan evaluasi juga
diperlukan untuk memahami dan memastikan bahwa informasi dan materi bersama Tim
ini berguna serta sesuai (Merwin, 1992).
Evaluasi
pelatihan adalah sumber daya yang umumnya digunakan untuk memutuskan nilai itu.
Luas dapat menyatakan prosedur untuk menilai hasil pelatihan (Raja &
Rothwell, 2001). Hal ini membantu untuk memahami pentingnya pelatihan apakah
itu adalah menyelaraskan dengan tujuan organisasi. Sekilas, ini berfokus
terutama pada hasil dari pembelajaran; juga memberikan sebuah analisa mikro
dari hasil pelatihan (Alvarez, Salas & Garofano, 2004). Setiap program
pelatihan harus menjalani proses evaluasi karena ini adalah cara terbaik untuk
memastikan bahwa investasi keuangan yang layak (Abdel Wahab, halus, Ison &
Hazlehurst, 2008). Evaluasi pelatihan adalah proses yang membosankan untuk melaksanakan
di fine namun; itu harus dilakukan untuk meningkatkan standar pelatihan
(Aminuddine, 1997). Evaluasi tidak akan diperlakukan sebagai terpisah Bagian
tetapi itu harus dimasukkan dalam proses pelatihan hanya untuk memeriksa
efektivitas pelatihan, yang dikatakan oleh ahli (Kirkpatrick, 1998). Proses
sistematis memeriksa program pelatihan dinyatakan sebagai evaluasi pelatihan
dan tidak ada program pelatihan dapat dikatakan teratur sepenuhnya tanpa
mengevaluasi efektivitas (Harper & Bell, 1982). Beberapa pengarang mengacu
pada pengumpulan direncanakan, pemeriksaan dan analisis informasi untuk
memungkinkan penilaian tentang nilai dan layak. bijaksana, teknisi
mendefinisikan evaluasi sebagai penilaian nilai atau worth (B. Worthen, 1997).
Evaluasi memastikan apakah pelatihan memiliki dilakukan efek yang diharapkan
dan karyawan yang baik mampu menerapkan sama dalam tugas-tugas mereka
ditugaskan. Evaluasi perbandingan diamati/sebenarnya memperoleh nilai standar
atau kriteria perbandingan (Phillips 1991).
Pada
sebaliknya dapat dinyatakan sebagai Pelatihan Peniliaian prosedur untuk
menganalisis data yang dikumpulkan umpan balik untuk memutuskan pada sejauh tujuan
tujuan-tujuan tercapai dan sejauh mana pelatihan telah menjadi sukses dalam
tujuannya (Schalock, 2001). Pelatihan unit dalam program yang sukses sadar arah
taktis perusahaan dan dapat merancang dan melaksanakan pendekatan inovatif
menyelaraskan individu di trek yang diperlukan. Pelatihan adalah tempat di mana
keterampilan baru akan mengembangkan juga sikap kerja adalah mengubah baru solusi
dan ide kreatif berkembang dan organisasi dipugar. Ini sering membutuhkan biaya
yang cukup tinggi untuk pelatih kerumunan kritis tenaga kerja. Akhirnya
pelatihan harus dinilai untuk memahami dampak pada fungsi organisasi (B.
Becker, 1996). Seiring waktu berlalu, para peneliti ilmiah telah menemukan
metode untuk mengevaluasi efektivitas pelatihan dalam mengoptimalkan cara.
Beberapa metode
yang ditulis dibawah ini.
1)
Four level
model of Kirkpatrick’s
2)
Virmani and
Premila’s evaluation model
3)
Aimao
Zhang’s peer approach to evaluation
4)
Peter
bramely’s evaluation model
5)
David Reay’s
approach to evaluation
6)
Hamblin’s five
level model
7)
Warr’s
framework for evaluation
Keluar dari
ini, Kirkpatrick's empat tingkat model adalah suatu kerangka kerja yang secara
luas digunakan dan diterima untuk tujuan evaluasi pelatihan. Ini adalah
kerangka yang kini telah menjadi model yang paling populer untuk mengevaluasi
pelatihan di antara berbagai industri. Kirkpatrick's empat tingkat model
evaluasi pelatihan dan kriteria terus menjadi paling luas (Salas &
Canon-Bowers, 2001).
1.4.
Model untuk evaluasi efektivitas pelatihan.
Diskusi pada
topik dari berbagai jenis evaluasi mungkin terdengar seperti sedikit akademis
tapi ini mempunyai kepentingan yang signifikan
Evaluasi
seperti ini akhirnya langsung menuju kuat model yang berbeda dan skema untuk
evaluasi. Model yang sangat populer dan digunakan untuk evaluasi diciptakan
oleh Donald J. Kirkpatrick. Sekarang hari-hari ini adalah cara yang paling
terkenal digunakan untuk mengevaluasi pelatihan. Ini model berkaitan dengan
empat tingkat hasil-hasil pelatihan: reaksi, belajar, perilaku, dan hasil. Kirkpatrick (1959) dirancang model dengan
empat tingkat evaluasi: The empat tingkat dari evaluasi, kadang-kadang disebut
sebagai Kirkpatrick Evaluasi Model, dapat dinyatakan sebagai berikut:
1) Reaksi terhadap pelatihan: reaksi serta
pemikiran dan pandangan dari para peserta mengenai pelatihan pengalaman;
2) Belajar langkah: hasil Trainee belajar dan
meningkatkan pengetahuan dari pengalaman pelatihan;
3) Perilaku tindakan: perubahan perilaku
karyawan dan perbaikan setelah menerapkan keterampilan pekerjaan; dan
4) Hasil: efek pada organisasi dari pekerjaan
peserta sehubungan dengan peningkatan kinerja.
1.5.
Motivasi untuk pekerjaan penelitian
Telah diamati bahwa, sebagian besar waktu pelatih dan
program pelatihan hanya dievaluasi Berdasarkan umpan balik yang karyawan. Namun
ia memiliki keterbatasan. Dalam praktek metode yang paling luas dan sering
digunakan untuk mengevaluasi pelatihan mencakup mengukur umpan balik karyawan
dan reaksi terhadap pelatihan yang diberikan, dan sebagian besar waktu yang
dilakukan pada hari terakhir dari pelatihan. Reaksiditangkap pasti tidak cukup
untuk membangun sebuah jembatan yang padat antara pelatihan diberikan dan lebih
baik kinerja. Untuk diperlukan perbaikan dalam pelatihan, Departemen pelatihan
dan pelatih harus memiliki informasi tentang tidak hanya pelatihan efektivitas
tetapi juga kualitas pelatihan yang diberikan. Industri yang melibatkan
mengevaluasi efektivitas pelatihan yang diberikan juga bertanggung jawab untuk
mengetahui pembelajaran peserta serta memeriksa apakah pengetahuan bersama
dalam pelatihan sedang dilaksanakan di daerah kerja mereka. Oleh karena itu,
program pelatihan dan evaluasi berkala yang pasti akan membantu organisasi untuk
menjadi di flash cahaya untuk mencapai tujuan, cita-cita. Studi ini didasarkan
pada dasarnya pada pelatihan program evaluasi karyawan multinasional mesin
industri untuk memverifikasi bahwa pembuatan program pelatihan telah berhasil
dalam mendapatkan yang diharapkan hasil yang diantisipasi sebagai dasar utama
mendapatkan pendapat nyata untuk menghitung efektivitas pelatihan. Oleh karena
itu, studi telah diberikan menonjol untuk pandangan mereka.
1.6.
Tujuan Penelitian
Tujuan utama
dari penelitian ini adalah untuk menerapkan model Kirkpatrick evaluasi
pelatihan untuk mengukur efektivitas pelatihan peningkatan kualitas
terus-menerus menemukan variabel yang memiliki dampak pada efektivitas
pelatihan. Berikut ini adalah tujuan. Mengukur efektivitas pelatihan dengan
menggunakan Kirkpatrick's model dengan empat tingkat evaluasi pelatihan.
ü Reaksi untuk pelatihan.
ü Belajar langkah-langkah.
ü Perilaku ukuran.
ü Hasil.
2.
LITERATUR REVIEW
Evaluasi
Program Teheran pelatihan pemandu wisata berdasarkan Kirkpatrick empat tingkat
yaitu reaksi, belajar, perilaku, hasil Temuan-temuan dari studi ini adalah
kursus pelatihan Layanan Wisata telah ditemukan efektif karena peserta didik
daripadanya telah berhasil dalam menyampaikan positif sikap dan Balasan
terhadap pelatihan program dan puas dengan program pelatihan yang ditawarkan
dan mereka tetap mereka Nikmati mengubah (K. Mohamadkhani, 2013). Evaluasi
efektivitas pelatihan untuk menghitung betapa lembut pelatihan keterampilan
program dapat dinilai dari sudut pandang mahasiswa perguruan tinggi teknik
untuk memeriksa kegunaannya berdasarkan Kirkpatrick model (S. Ezhilan, 2013).
Dievaluasi pelatihan efektivitas program pelatihan guru berdasarkan Kirkpatrick
model. (Karri S. et. Al, 2011). faktor hubungan antara desain ditunjukkan
pelatihan, evaluasi fitur dan efektivitas pelatihan di dalam industry
Berdasarkan model Kirkpatrick (Arthur W. et. al, 2003). Itu cocok untuk
menggunakan Kirkpatrick empat tingkat model untuk menilai etraining (Zheng L.
et. al 2013). Management.By menggunakan dua kelompok seperti kontrol manajemen
grup grup dan experimentel pelatihan pada tingkat dievaluasi berdasarkan onfour
Kirkpatrick model (Steensma H. et.al, 2010). Evaluasi kegunaan Program
Pengembangan Fakultas PBL tutor-tutor menggunakan beberapa tingkatan yang
diidentifikasi oleh Kirkpatrick. Bergerak melalui Kirkpatrick's
tingkat ini
dimaksudkan untuk mengizinkan untuk langkah-langkah berurutan lebih spesifik
dan bermakna efektivitas (Paslawski T. et. al, 2014).
3.
METODOLOGI PENELITIAN
|
Figure
1 : Conceptual Model
3.1. hipotesis atau penelitian pertanyaan
Hipotesis berikut yang dibingkai untuk mencapai tujuan
penelitian
ü Hipotesa
1
H0 : Perubahan dalam reaksi memiliki tidak ada pengaruh
yang signifikan
pada
efektivitas pelatihan.
Ha : Perubahan dalam reaksi memiliki pengaruh signifikan
pada efektivitas
pelatihan.
ü Hipotesis
2
H0 : Perubahan dalam pembelajaran memiliki tidak ada
pengaruh yang
signifikan
pada efektivitas pelatihan.
Ha : Perubahan dalam pembelajaran memiliki pengaruh
signifikan pada
efektivitas
pelatihan.
ü Hipotesa
3
H0 : Perubahan perilaku memiliki tidak ada
pengaruh yang signifikan pada
efektivitas pelatihan.
Ha : Perubahan perilaku memiliki pengaruh
signifikan pada efektivitas
pelatihan.
ü Hipotesis
4
H0 : Perubahan dalam hasil memiliki tidak ada pengaruh
yang signifikan pada
efektivitas
pelatihan.
Ha : Perubahan dalam hasil memiliki pengaruh signifikan
pada efektivitas
pelatihan.
ü Hipotesis
5
H0 : Perubahan dalam reaksi memiliki tidak ada pengaruh
yang signifikan
pada
pembelajaran.
H1 : Perubahan dalam reaksi memiliki pengaruh signifikan
pada pembelajaran.
ü Hipotesa
6
H0 : Perubahan
dalam pembelajaran memiliki tidak ada pengaruh yang signifikan pada perilaku.
Ha : Perubahan dalam reaksi memiliki pengaruh
signifikan pada perilaku.
ü Hipotesis
7
H0 : Perubahan perilaku memiliki tidak ada pengaruh
yang signifikan pada
hasil
pelatihan.
Ha : Perubahan perilaku memiliki pengaruh
signifikan pada hasil pelatihan.
3.2.
Populasi dan sampling
Semua pegawai departemen kualitas dari populasi pelan dan
didefinisikan untuk studi ini. Semua karyawan yang berkualitas
Departemen telah diambil sebagai sampel untuk studi ini.
Terdapat total 33 karyawan dalam Departemen kualitas. Terus-menerus
kualitas pelatihan diberikan kepada semua karyawan untuk
mengurangi masalah kualitas dan untuk meningkatkan kualitas produk produk.
Untuk
mengevaluasi efektivitas pelatihan program empat tingkat
Kirkpatrick model digunakan. Itu semua selesai kuesioner
diterima dari karyawan setelah program pelatihan. Maka
data dari 33 responden yang diambil untuk analisis data.
3.3.
Pendataan
Penelitian digunakan kuesioner sebagai media untuk
memperoleh data kuantitatif yang diperlukan. Ada empat bagian dalam kuesioner,
terdiri dari bagian A: evaluasi karyawan efektivitas
pelatihan terhadap empat tingkat Kirkpatrick (reaksi, belajar,
perilaku, hasil)
3.3.1.
skala pengukuran:
Kuesioner ini terdiri dari serangkaian pernyataan, dimana
karyawan responden diperlukan untuk memberikan jawaban berupa
persetujuan atau ketidaksetujuan menyatakan sikap mereka
terhadap program pelatihan.
Skala Likert
digunakan sehingga responden bisa memilih nilai numerik mulai dari 1-5 untuk
setiap pernyataan untuk menunjukkan tingkat perjanjian atau sebaliknya. Mana 1, 2,3, 4 dan 5 menunjukkan 'Sangat setuju', 'setuju', 'tidak setuju'
atau tidak setuju (netral)', 'Setuju', dan 'Sangat tidak setuju' masing-masing
3.3.2.
data analisis
Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan analisis
kuantitatif telah dilakukan menggunakan paket statistik untuk ilmu sosial
20. versi perangkat lunak (SPSS) studi juga menguji
kehandalan alat survey sehingga hasil yang diinginkan dan berlaku
Diperoleh. untuk ini Cronbach Alpha telah digunakan.
Statistik deskriptif seperti mean dan deviasi standar telah digunakan untuk
analisis. Untuk menguji hipotesis dipasangkan sampel
T-tes telah digunakan.
4.
HASIL DAN ANALISI
Variabel independen ini telah digunakan sebagai item
dalam alat survey. Berbagai variabel di bawah setiap membangun adalah sebagai berikut.
4.1. keandalan dari survei instrumen
(kuesioner)
Penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan analisis
kuantitatif telah dilakukan menggunakan paket statistik untuk ilmu sosial
20. versi perangkat lunak (SPSS) studi juga menguji
kehandalan alat survey sehingga hasil yang diinginkan dan berlaku
Reliability Statistics (Keandalan Statistik)
|
||
Levels
|
Cronbach’s
Alpha
|
N of
Items
|
1.Reaction
|
0.838
6
|
6
|
2.Learning
|
0.702
4
|
4
|
3.Behaviour
|
0.721
6
|
6
|
4.Results
|
0.785
6
|
6
|
Overall
Reliability
|
0.902
22
|
22
|
Table 1: Reliability of the Questionnaire
4.2. hipotesis tes
Hipotesa 1
H0 : perubahan dalam reaksi memiliki tidak ada pengaruh
yang signifikan
pada
efektivitas pelatihan.
Ha : Perubahan dalam reaksi memiliki pengaruh signifikan
pada efektivitas
pelatihan.
Paired Samples Statistics(Berpasangan
sampel statistic)
|
|||||
Pair 1
|
REACTION Total
Training Effectiveness total
|
Mean N
|
N
|
Std. Error Mean
|
Std. Error Mean
|
1.9152
1.7282
|
330
330
|
.51728
.50352
|
.09005
.08765
|
Paired Samples Correlations (Korelasi
dipasangkan sampel)
|
||||
Pair 1
|
Result Total &
Training
Effectiveness Total
|
N
|
Correlation.
|
Sig.
|
330
|
0.621
|
0.000
|
Paired Sample Test (Dipasangkan
pengujian sampel )
|
||||||||||||
Pair 1
|
Paired Differences (Perbedaan berpasangan)
|
|||||||||||
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Etrror mean
|
99% Confidence Interval
of the Difference
|
t
|
df
|
Sig. (2-failed)
|
||||||
Lower
|
Upper
|
|||||||||||
Result Total Training
Effectiveness
Total
|
.18788
|
.43843
|
.02413
|
.025041
|
.25041
|
7.785
|
329
|
0.000
|
||||
Table 2: Paired samples Statistics, Correlations and
Paired sample T-Test (Hypothesis 1)
Seperti dapat dilihat dalam tabel, hipotesis
ini telah disetujui di 99% keyakinan dan α = tingkat 0.1. Tingkat signifikan
adalah 1% yaitu 0.01.In hipotesa 1 hasil menunjukkan signifikan (2- tingkat
ekor) adalah 0,00 yaitu kurang dari 0,01 (0.00 < 0.01). Oleh karena itu
menolak null hipotesis dan menerima hipotesis alternatif tingkat kepentingan
1%. Oleh karena itu perubahan sebagai reaksi telah signifikan pengaruh terhadap
efektivitas pelatihan.
Hipotesis 2
H0 : Perubahan dalam pembelajaran memiliki
tidak ada pengaruh yang signifikan pada efektivitas pelatihan.
H1 :Perubahan
dalam pembelajaran memiliki pengaruh signifikan pada efektivitas pelatihan.
Paired Samples Statistics(Berpasangan
sampel statistic)
|
|||||
Pair 1
|
LEARNING
Total
Training Effectiveness total
|
Mean N
|
N
|
Std. Error Mean
|
Std. Error Mean
|
1.5051
1.7273
|
330
330
|
.46579
.49622
|
0.2564
0.02732
|
Paired Samples Correlations (Korelasi
dipasangkan sampel)
|
||||
Pair 1
|
LEARNING
Total
Training Effectiveness total
|
N
|
Correlation.
|
Sig.
|
330
|
.554
|
.000
|
Paired Sample Test (Dipasangkan
pengujian sampel )
|
||||||||||||
Pair 1
|
Paired Differences (Perbedaan berpasangan)
|
|||||||||||
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Etrror mean
|
99% Confidence Interval
of the Difference
|
t
|
df
|
Sig. (2-failed)
|
||||||
Lower
|
Upper
|
|||||||||||
LEARNING
Total
Training Effectiveness total
|
.22222
|
.45512
|
.02505
|
-.28713
|
-.15713
|
-.8.870
|
329
|
.000
|
||||
Seperti dapat dilihat dalam tabel, hipotesis
ini telah disetujui di 99% keyakinan dan α = tingkat 0.1. Tingkat signifikan
adalah 1% yaitu 0.01.In hipotesis 2 hasil menunjukkan signifikan (2- tingkat
ekor) adalah 0,00 yaitu kurang dari 0,01 (0.00 < 0.01). Oleh karena itu
menolak null hipotesis dan menerima hipotesis alternatif tingkat kepentingan
1%. Oleh karena itu perubahan dalam pembelajaran telah signifikan pengaruh
terhadap efektivitas pelatihan.
Hipotesa 3:
H0 : Perubahan perilaku memiliki tidak ada
pengaruh yang signifikan pada efektivitas pelatihan.
H1 :Perubahan perilaku memiliki pengaruh
signifikan pada efektivitas pelatihan.
Paired Samples Statistics(Berpasangan
sampel statistic)
|
|||||
Pair 1
|
BEHAVIOUR
Total
Training Effectiveness total
|
Mean N
|
N
|
Std. Error Mean
|
Std. Error Mean
|
1.4909
1.7273
|
330
330
|
.35590
.49622
|
.01959
.02732
|
Paired Samples Correlations (Korelasi dipasangkan
sampel)
|
||||
Pair 1
|
BEHAVIOUR
Total
Training Effectiveness total
|
N
|
Correlation.
|
Sig.
|
330
|
.565
|
.000
|
Paired Sample Test (Dipasangkan
pengujian sampel )
|
|||||||||||
Pair 1
|
Paired Differences (Perbedaan berpasangan)
|
||||||||||
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Etrror mean
|
99% Confidence Interval
of the Difference
|
t
|
df
|
Sig. (2-failed)
|
|||||
Lower
|
Upper
|
||||||||||
BEHAVIOUR
Total
Training Effectiveness total
|
-.23636
|
.41618
|
0.2291
|
-29572
|
-.17701
|
-10.317
|
329
|
.000
|
|||
Seperti dapat dilihat dalam tabel, hipotesis
ini telah disetujui di 99% keyakinan dan α = tingkat 0.1. Tingkat signifikan
adalah 1% yaitu 0.01.In hipotesis 3 hasil menafsirkan signifikan (2- tingkat
ekor) adalah 0,00 yaitu kurang dari 0,01 (0.00 < 0.01). Oleh karena itu
menolak null hipotesis dan menerima hipotesis alternatif tingkat kepentingan
1%. Oleh karena itu perubahan perilaku telah signifikan pengaruh terhadap
efektivitas pelatihan.
Hipotesis 4
H0 : Perubahan dalam hasil memiliki tidak ada
pengaruh yang signifikan pada efektivitas pelatihan.
H1 : Perubahan dalam hasil memiliki pengaruh
signifikan pada efektivitas pelatihan.
Paired Samples Statistics(Berpasangan
sampel statistic)
|
|||||||||
Pair 1
|
RESULT
Total
Training Effectiveness total
|
Mean N
|
N
|
Std. Deviation
|
Std. Error Mean
|
||||
1.4091
1.7273
|
330
330
|
.35609
.49622
|
.0.1960
.02732
|
||||||
Paired Samples Correlations (Korelasi dipasangkan
sampel)
|
|||||||||
Pair 1
|
RESULT
Total
Training Effectiveness total
|
N
|
Correlation.
|
Sig.
|
|||||
330
|
.576
|
.000
|
|||||||
Paired Sample Test (Dipasangkan
pengujian sampel )
|
|||||||||||
Pair 1
|
Paired Differences (Perbedaan berpasangan)
|
||||||||||
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Etrror mean
|
99% Confidence Interval
of the Difference
|
t
|
df
|
Sig. (2-failed)
|
|||||
Lower
|
Upper
|
||||||||||
RESULT
Total
Training Effectiveness total
|
-.31818
|
.41167
|
.02266
|
-.37690
|
-.25947
|
-14.040
|
329
|
.000
|
|||
Seperti dapat dilihat dalam tabel, hipotesis
ini telah disetujui di 99% keyakinan dan α = tingkat 0.1. Tingkat signifikan
adalah 1% yaitu 0.01.In hipotesis 4 hasil menafsirkan signifikan (2- tingkat
ekor) adalah 0,00 yaitu kurang dari 0,01 (0.00 < 0.01). Oleh karena itu
menolak null hipotesis dan menerima hipotesis alternatif tingkat kepentingan
1%. Oleh karena itu perubahan dalam hasil telah signifikan pengaruh terhadap
efektivitas pelatihan.
Hipotesis 5
H0 :
perubahan dalam reaksi memiliki tidak ada pengaruh yang signifikan pada
pembelajaran.
H1 : perubahan
dalam reaksi memiliki pengaruh signifikan pada pembelajaran.
Paired Samples Statistics
|
|||||
Pair 1
|
Reaction Total
Learning total
|
Mean
|
N
|
Std.
Deviation
|
Std. Error
Mean
|
1.9152
1.5051
|
330
330
|
.51728
.47271
|
.02808
.02564
|
Paired Samples Correlations
|
||||
Pair 1
|
Reaction
Total &
Learning Total
|
N
|
Correlation
|
Sig.
|
33
|
.599
|
.000
|
Paired Sample Test(Dipasangkan
pengujian sampel )
|
|||||||||
Pair 1
|
Paired Differences
(Perbedaan berpasangan)
|
||||||||
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Etrror mean
|
99% Confidence Interval
of the Difference
|
t
|
df
|
Sig. (2-failed)
|
|||
Lower
|
Upper
|
||||||||
Reaction Total &
Learning
Total
|
.41000
|
.43894
|
.02416
|
.34750
|
.47270
|
16.972
|
329
|
.000
|
Table.6: Paired samples Statistics, Correlations and
Paired sample T-Test (Hypothesis 5)
Seperti dapat dilihat dalam tabel, hipotesis
ini telah disetujui di 99% keyakinan dan α = tingkat 0.1. Tingkat signifikan
adalah 1% yaitu 0.01.In hipotesis 5 hasil menafsirkan signifikan (2- tingkat
ekor) adalah 0,00 yaitu kurang dari 0,01 (0.00 < 0.01). Oleh karena itu
menolak null hipotesis dan menerima hipotesis alternatif tingkat kepentingan
1%. Oleh karena itu perubahan sebagai reaksi telah signifikan pengaruh pada
pelatihan belajar.
Hipotesa 6
H0 : perubahan dalam pembelajaran telah tidak ada
pengaruh yang signifikan pada perilaku.
Ha : Perubahan dalam reaksi memiliki pengaruh signifikan
pada perilaku.
Paired Samples Statistics
|
|||||
Pair 1
|
LearningnTotal
Behaviour total
|
Mean
|
N
|
Std.
Deviation
|
Std.
Error
Mean
|
1.5051
1.4909
|
330
330
|
.46579
.35590
|
.02564
.01959
|
Paired
Samples Correlations
|
||||
Pair 1
|
LearningnTotal
Behaviour
total
|
N
|
Correlation
|
Sig.
|
33
|
0.467
|
0.006
|
Paired Sample
Test(Dipasangkan pengujian sampel )
|
|||||||||
Pair 1
|
Paired Differences
(Perbedaan berpasangan)
|
||||||||
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Etrror mean
|
99% Confidence Interval
of the Difference
|
t
|
df
|
Sig. (2-failed)
|
|||
Lower
|
Upper
|
||||||||
LEARNING
Total
Behaviour
total
|
.01414
|
.43419
|
.02390
|
-.04778
|
.07607
|
.592
|
329
|
.045
|
Table.7:
Paired samples Statistics, Correlations and Paired sample T-Test (Hypothesis 6)
Seperti dapat dilihat dalam tabel, hipotesis
ini telah disetujui di keyakinan 95% dan α = 0.5 tingkat dalam hipotesis 6
hasil menafsirkan tingkat signifikan (2 ekor) adalah 0.045 yaitu kurang dari 0,05
(0.00 < 0,05) maka perubahan dalam pembelajaran memiliki pengaruh signifikan
pada pelatihan perilaku di 5% tingkat kepentingan. Tetapi gagal untuk menolak
hipotesis null di tingkat kepentingan 1%.
Hipotesis 7
H0 : perubahan dalam perilaku memiliki tidak ada pengaruh
yang signifikan pada hasil pelatihan.
Ha : Perubahan perilaku memiliki pengaruh signifikan pada
hasil pelatihan.
Paired Samples Statistics
|
|||||
Pair 1
|
Behaviour
Total –
Results Total
|
Mean
|
N
|
Std.
Deviation
|
Std.
Error
Mean
|
1.4909
1.4091
|
330
330
|
.35590
.35609
|
.01959
.01960
|
Paired Samples Correlations
|
||||
Pair 1
|
Behaviour Total –
Results Total
|
N
|
Correlation
|
Sig.
|
330
|
.553
|
.000
|
Paired Sample Test(Dipasangkan pengujian sampel )
|
||||||||||
Pair 7
|
Paired Differences (Perbedaan berpasangan)
|
|||||||||
Mean
|
Std. Deviation
|
Std. Etrror mean
|
99% Confidence Interval
of the Difference
|
t
|
df
|
Sig. (2-failed)
|
||||
Lower
|
Upper
|
|||||||||
Behaviour Total –
Results Total
|
.08182
|
.33657
|
.01853
|
.03382
|
.12982
|
4.416
|
329
|
.000
|
||
Table 8 Paired samples Statistics, Correlations and
Paired sample T-Test (Hypothesis 7)
Seperti
dapat dilihat dalam tabel, hipotesis ini telah disetujui di 99% keyakinan dan α
= tingkat 0.1. Tingkat signifikan adalah 1% yaitu 0.01.In hipotesis 7 hasil
menafsirkan signifikan (2- tingkat ekor) adalah 0,00 yaitu kurang dari 0,01
(0.00 < 0.01). Oleh karena itu menolak null hipotesis dan menerima hipotesis
alternatif tingkat kepentingan 1%. Oleh karena itu perubahan perilaku telah
signifikan pengaruh terhadap hasil pelatihan.
KESIMPULAN
1)
Karya ini
dikaji secara empiris empat tingkat untuk mengukur efektivitas pelatihan dengaN
Bantuan kuesioner menggunakan sampel karyawan yang menghadiri pelatihaN program.
Hasil analisis faktor menentukan bahwa faktor-faktor diekstraksi dalam makalah
ini cukup sesuai dengan faktor-faktor teoritis yang diberikan oleh Kirkpatrick‟s
model pelatihan. nama-nama dari faktor-faktor yang diekstrak dari analisis
faktor adalah reaksi, belajar, dan Perilaku dan hasilnya. Hal ini dapat
dilakukan Kirkpatrick‟s model pelatihan Evaluasi memegang cukup baik dalam
konteks ini.
2)
Hasil dari
pasangan sampel analisis T-uji menunjuk bahwa empat faktor yaitu reaksi,
belajar, belajar, perilaku dan hasil yang diturunkan dalam analisis factor statis
signifikan dalam menjelaskan efektivitas pelatihan. Ini empat faktor dapat mempengaruhi
pandangan trainees‟ (memiliki potensi untuk menghasilkan positif atau negative umpan
balik) pada efektivitas program pelatihan. Tingkat pertama difokuskan pada
reaksi student‟s program pelatihan. Tingkat kedua difokuskan pada pembelajaran
dan keterampilan yang Diperoleh dari pelatihan. Tingkat ketiga berfokus pada perubahan
perilaku tugas siswa setelah menghadiri pelatihan. Tingkat keempat berfokus
pada perubahan fungsi bagian-bagian atau seluruh karya yang telah menghasilkan dari
perubahan perilaku tugas yang berasal dari pelatihan.
3)
Studi juga
berusaha untuk mengidentifikasi beberapa variabel yang membantu dalam memeriksa
mencapai tingkat efektivitas. Menurut temuan-temuan penelitian pertanyaan
pertama, hasil t-pengujian sampel peralatan diilustrasikan bahwa, kursus
pelatihan kualitas terus-menerus untuk karyawan di perusahaan multinasional
telah berhasil dalam hal menciptakan positif sikap dan reaksi dalam peserta
didik. Temuan-temuan yang berhubungan dengan bagian ini studi menunjukkan
bahwa, harapan para peserta dalam kelas-kelas pelatihan ini, yang baru dalam
sistem, telah bertemu di tingkat yang dapat diterima.
4)
Kedua level
dalam menciptakan sikap yang positif antara peserta didik dan mempromosikan
didik kepuasan. Sehubungan dengan temuan penelitian pertanyaan kedua,
dipasangka
n sampel t hasil tes menunjukkan bahwa peserta telah memuaskan kemajuan dalam pembelajaran mereka. Mereka telah mengakui bahwa tingkat belajar program pelatihan telah meningkat.
n sampel t hasil tes menunjukkan bahwa peserta telah memuaskan kemajuan dalam pembelajaran mereka. Mereka telah mengakui bahwa tingkat belajar program pelatihan telah meningkat.
5)
Sehubungan
dengan temuan penelitian pertanyaan ketiga, dipasangkan hasil t-uji sampel ditampilkan,
mengambil kursus disebutkan di atas telah menyebabkan didik professional perilaku
berubah dari para peserta sudut pandang. Karyawan secara signifikan telah menegaskan
bahwa, setelah menyelesaikan kursus pelatihan peningkatan kualitas
terus-menerus dan awal karir mereka dalam hal ini, mereka akan mampu untuk praktis
pengetahuan dan menerapkan pengetahuan mereka khusus dari sudut pandang mereka
atau menyampaikan pengetahuan kepada orang lain.
6)
Sehubungan
dengan temuan-temuan dari keempat sub penelitian pertanyaan, hasil berpasangan
analisis uji sampel mengarah pada kesimpulan bahwa setelah beberapa bulan
pelatihan pengetahuan praktis pada pekerjaan dan keyakinan karyawan meningkat
secara signifikan Juga ditemukan ada penurunan masalah kualitas dan penurunan
dalam reworks per ratus.
7)
kelima,
keenam dan ketujuh hipotesis hasil menafsirkan, ada pengaruh signifikan pada tingkat
berikutnya yaitu reaksi-belajar, belajar-perilaku dan perilaku-hasil.
5.
KESIMPULAN
ü studi ini diperiksa secara empiris empat
tingkat untuk mengukur efektivitas pelatihan dengan bantuan dari survei
memanfaatkan contoh dari karyawan yang hadir untuk program pelatihan. Nama-nama
variabel untuk ujian hipotesis reaksi, belajar, dan perilaku dan hasil. Itu
bisa menyebabkan bahwa model Kirkpatrick's mempersiapkan penilaian memegang
sopan baik dalam konteks ini.
ü hasil dipasangkan sampel analisis T-uji
menafsirkan empat faktor-faktor yaitu reaksi, belajar, belajar, Perilaku dan
hasil yang diturunkan dalam analisis uji hipotesis yang statis signifikan dalam
menjelaskan pelatihan
efektivitas. 4 elemen dapat berdampak
perspektif para peserta mengenai efektivitas program pelatihan.
ü tingkat pertama memusatkan perhatian pada
pekerja tanggapan program pelatihan. Tingkat kedua berkonsentrasi pada
pembelajaran dan
bakat dijemput dari pelatihan. Tingkat ketiga
yang terkonsentrasi pada progresi dalam perilaku tugas pekerja Setelah
menyelesaikan program pelatihan. Tingkat keempat berkonsentrasi pada perubahan
dalam kerja dari bagian atau seluruh bekerja yang dihasilkan dari perubahan
dalam perilaku tugas awal dalam pelatihan.
ü Studi Selain itu berusaha untuk membedakan
beberapa variabel bahwa bantuan dalam menganalisis dicapai tingkat efektivitas.
Seperti yang ditunjukkan oleh penemuan tujuan penelitian pertama, peralatan
sampel t-hasil tes diuraikan itu; Kursus peningkatan kualitas terus-menerus
untuk para pekerja di organisasi multinasional telah efektif mengenai membuat
sikap positif dan respon peserta didik. Temuan-temuan yang diidentifikasi
dengan segmen ini penelitian menunjukkan bahwa, harapan para anggota dalam
program pelatihan ini, yang baru dalam rangka, telah dipenuhi di dalam
memuaskan tingkat.
ü Kedua level dalam membuat sikap positif
antara peserta didik dan mendorong didik pemenuhan. Mengenai temuan pertanyaan
penelitian kedua, peralatan sampel T-hasil pengujian menunjukkan bahwa karyawan
memiliki lezat kemajuan dalam mereka belajar. Mereka telah menyadari bahwa
tingkat belajar sistem pelatihan telah meningkat.
ü Mengenai temuan-temuan penelitian ketiga
tujuan, peralatan sampel uji T hasil menunjukkan bahwa, mengambil kursus
pelatihan peningkatan kualitas terus-menerus telah mendorong didik perilaku
profesional dari para peserta perspektif. Karyawan telah dikonfirmasi bahwa,
sebagai akibat dari memenuhi pelatihan peningkatan kualitas terus-menerus
Lapangan dan mulai profesi mereka ahli dalam
hal ini, mereka akan mampu pengetahuan praktis dan menerapkan mereka jarang
informasi dari sudut pandang mereka atau menyampaikan pengetahuan kepada orang
lain.
ü Mengenai temuan tujuan penelitian keempat,
efek-efek analisis T-uji sampel berpasangan menyebabkan kesimpulan bahwa
setelah beberapa bulan pelatihan program, pengetahuan praktis pada pekerjaan
dan kepercayaan karyawan yang meningkat secara signifikan
6. References
1. Mohamadkhani, K., & Ashrafi, M.
(2013). A Study on the Effectiveness of Tour Guides Training Programs in
IranTehran.
Business & Economic Research (BER), 3(1).
2. Ezhilan, S (2013). Soft Skills Training
Programme: Evaluation of Engineering Students ‘expectations And Experience,
Research Journal of English Language and
Literature, Vol.1.Issue.3.
3. Karri, S. K. R., & Kode, S. (2011,
July). Effectiveness of" Learning by Doing" Methodology in Training
Programs-An
Evaluation of a Teacher Training Program for
Information Technology Education. In Advanced Learning Technologies
(ICALT), 2011 11th IEEE International
Conference on (pp. 227-231). IEEE.
4. Arthur Jr, W., Bennett Jr, W., Edens, P.
S., & Bell, S. T. (2003). Effectiveness of training in organizations: a
metaanalysis
of design and evaluation features.Journal of
Applied psychology, 88(2), 234.
5. Zheng, L., Huang, R., & Yu, J. (2013,
July). Evaluation of the Effectiveness of E-Training: A Case Study on
In-Service
Teachers' Training. In Advanced Learning
Technologies (ICALT), 2013 IEEE 13th International Conference on (pp.
229-231). IEEE.
6. Kasim, R. S. R., & Ali, S. (2011,
December). Measuring training transfer performance items among academic staff
of
higher education institution in Malaysia
using rasch measurement. In Humanities, Science and Engineering (CHUSER),
2011 IEEE Colloquium on (pp. 756-760). IEEE.
7. Steensma, H., & Groeneveld, K. (2010).
Evaluating a training using the “four levels model”. Journal of Workplace
Learning, 22(5), 319-331.
8. Gujarathi, R., & Wankhede, M. M.
(2012). Evaluation of Training: Need to Focus. Journal Of Business Management
&
Social Sciences Research, 1(2), 1-15.
9. Paslawski, T., Kearney, R., & White,
J. (2014). Measuring the Effectiveness of Faculty Facilitation Training in
ProblemBased
Learning in a Medical School.Creative
Education, 5(4).
10. Priyanka Upadhyay, Ashutosh Priya, Saazia
Naaz.(2013).Training Effectiveness Of Kirkpatrick Training Evaluation
Model. International Journal of Basic And
Advanced Research,2013; 2(3); 57-65
11. Ekta Srivastava.(2012) Evaluation Of
Training Programme. International Journal of Applied Research & Studie.
12. Berg, M. E., & Karlsen, J. T. (2012).
An evaluation of management training and coaching. Journal of Workplace
Learning, 24(3), 177-199.
13. Giangreco, A., Carugati, A., &
Sebastiano, A. (2010). Are we doing the right thing?: Food for thought on
training
evaluation and its context. Personnel Review,
39(2), 162-177.
14. Blanchard, P. N., Thacker, J. W., &
Way, S. A. (2000). Training evaluation: perspectives and evidence from
Canada. International Journal of Training and
Development, 4(4), 295-304.
The International Journal Of Business &
Management (ISSN 2321 – 8916) www.theijbm.com
210 Vol 2 Issue 6 June, 2014
15. Pineda, P. (2010). Evaluation of training
in organisations: a proposal for an integrated model. Journal of European
Industrial Training, 34(7), 673-693.
16. Topno, H. (2012). Evaluation of Training
and Development: An Analysis of Various Models. IOSR Journal of Business
and Management, 5(2), 16-22.
17. Chaudhry, N. I., & Roomi, M. A.
(2010). Accounting for the development of human capital in manufacturing
organizations: A study of the Pakistani
textile sector. Journal of Human Resource Costing & Accounting, 14(3),
178-195.
18. Attia, A. M., & Honeycutt Jr, E. D.
(2012). Measuring sales training effectiveness at the behavior and results
levels using
self-and supervisor evaluations. Marketing
Intelligence & Planning, 30(3), 324-338
Tidak ada komentar:
Posting Komentar